Awak DKI Mulai Disuntik Vaksin AstraZeneca, Prioritas di RW Kumuh

Jakarta

Pemprov DKI keadaan ini mulai melakukan penyuntikan vaksin COVID-19 AstraZeneca. Vaksinasi menggunakan AstraZeneca ini diprioritaskan untuk warga DKI yang tinggal di RW kumuh.

“Mulai bohlam tanggal 5 Mei buat suntikan dosis pertama di dalam RW-RW, pertama kita tetapkan tiga area, pertama serasi Pergub 90 dilakukan dalam tempat-tempat kecamatan dengan RW-RW kumuh yang ada di Pergub, ” ujar Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti, diskusi virtual, Rabu (5/5/2021).

Penjelmaan vaksinasi menggunakan AstraZeneca serupa diinformasikan melalui Surat Edaran Dinkes yang diterbitkan 4 Mei kemarin. Dalam surat itu dituliskan urutan prioritasnnya antara lain:

a. RW berdasarkan Pergub Provinsi DKI Jakarta Nomor 90 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kualitas Pemukiman dalam Rangka Penataan Daerah Pemukiman Terpadu
b. Daerah yang terdapat ataupun berpotensi terjadinya kasus COVID-19 dengan Varian of Concern
c. PPKM Mikro sesuai dengan skala prioritas/daerah zonasi yang paling berisiko yang terdapat pada kecamatan tersebut berdasarkan hasil uraian dari PPKM Mikro di setiap 2 minggu.

“Kita pilih yang zona merah dan oranye buat dilakukan penyuntikan, ” cakap Widyastuti.

Widyastuti menerangkan untuk dosis prima vaksin AstraZeneca nantinya serupa akan menerima vaksin yang serupa untuk dosis kedua. Sedangkan bagi warga DKI dengan sudah menerima dosis mula-mula dengan vaksin Sinovac, di Mei juga akan langgeng mendapat vaksin Sinovac untuk dosis kedua.

“Kami juga sampaikan kalau selain tadi daerah-daerah yang sudah berkoordinasi antara Puskesmas dan perangkat Lurah RW RT setempat di faskes lain pun di DKI Jakarta, saat ini seluruh untuk pemberian sasaran ukuran pertama diberikannya adalah vaksin AstraZeneca, ” jelas Widyastuti.

“Saya berharap warga DKI Jakarta tak perlu ragu tidak menetapkan khawatir, bahwa kita seluruh menjaga betul yang kita berikan memang sudah cocok dengan standar, ” berlanjut dia.

(idn/knv)