Bencana Dua Awak Heli Rusia Mati Gegara ‘Salah Tembak’

Jakarta

Sebuah helikopter militer Rusia merasai petaka usai terbang di Armenia dekat perbatasan Azerbaijan. Helikopter menjadi korban ‘salah tembak’ pasukan Azerbaijan.

Insiden ini berlaku pada Senin (9/11) waktu setempat dan menewaskan dua awak pada dalamnya. Azerbaijan yang mengakui sudah menembak jatuh helikopter Rusia tersebut pun menyampaikan permintaan maaf.

Dilansir AFP , Selasa (10/11/2020), Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa helikopter Mi-24 terkena sistem pertahanan udara portabel yang dekat dengan perbatasan secara Azerbaijan, yang pasukannya memerangi separatis yang didukung Armenia di provinsi sengketa Nagorno-Karabakh.

Dua raga helikopter militer itu tewas. Sedangkan satu orang lainnya mengalami luka-luka dan telah dievakuasi, kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Pernyataan tersebut menjelaskan kalau helikopter itu ditembak jatuh pada dekat wilayah Republik Otonomi Nakhchivan, wilayah terpisah di bawah Azerbaijan.

Kementerian juga mengatakan bahwa helikopter itu ditembak jeblok di dekat desa Yeraskh, sekitar pukul 14. 30 GMT, kala helikopter itu menemani konvoi basis militer Rusia di Armenia.

Penyelidikan tengah dilakukan sebab Rusia. Pihak berwenang Armenia mengutarakan, helikopter Rusia itu jatuh “di jurang” dekat desa Yeraskh.

Bagaimana tanggapan Azerbaijan? Silakan klik halaman selanjutnya.