Biang Mampetnya Air PAM di Pademangan Timur: Pipa Bocor Kena Proyek Got

Jakarta

Sudah tiga pekan warga di kawasan Pademangan Timur ini mengalami masalah macetnya aliran air minum (PAM). Biang kerok masalah ini adalah pipa PAM bocor kena proyek got.

Warga yang mengalami masalah air PAM mampet ada di sekitar lokasi proyek got, sejumlah gang di Jl Pademangan III, Jakarta Utara. Perusahaan Air Minum (PAM) menjelaskan masalahnya.

“Iya (bocor). Ada beberapa pipa diameter di bawah 6 inci yang terkena pembersihan gorong-gorong,” kata Direktur Utama PAM Jaya Priyatno Bambang Hernowo saat dihubungi detikcom, Senin (6/9/2021).

Sebelumnya, Bambang sudah menjelaskan soal jumlah pipa yang diperbaiki PAM Jaya lantaran ada proyek gorong-gorong. Dia menyebut ada puluhan titik pipa yang diperbaiki seharian, pada tiga hari lalu.

“Terus ditelusur (keluhan akses air bersih). Sampai dengan saat ini ada sekitar 66 titik yg sudah diperbaiki. Hari ini dijadwalkan selesai,” ujar Bambang, Jumat (9/3) lalu.

Ternyata pagi ini, warga menyampaikan air dari pipa PAM belumlah lancar mengalir. Sebagian menyatakan pipa PAM hanya mengalirkan air pada dini hari saja, sebagian warga menyatakan saluran PAM belum mengalirkan air sama sekali.

“Saya udah tiga minggu belum keluar ini air. Harus beli terus. Tiap pagi, jam 03.00 WIB pagi ngecek air, kosong, paginya lagi, kosong,” kata Bong, salah satu warga gang 27 RT 14 RW 02 Pademangan Timur kepada detikcom.

Kondisi proyek got di Pademangan Timur yang membuat aliran air PAM ke rumah warga menjadi tersendat. 6 September 2021. (Athika Rahma/detikcom)

Berdasarkan pantauan detikcom di lapangan, proyek got yang kemudian membuat macet aliran air bersih untuk warga ini berlangsung di Gang 23 hingga Gang 29 sekitar Jl Pademangan III. Permukiman yang mengalami kemacetan aliran air PAM ada di kawasan Gang 26, 27, dan 28.

(dnu/dnu)