Bocah Meninggal Akibat Amuba Pemakan Penggagas, Texas Umumkan Darurat Bencana

Texas

Seorang anak laki-laki berusia enam tahun di Texas, Amerika Serikat meninggal dunia setelah terinfeksi amuba pemakan otak, yang terdeteksi di pasokan air di zona rumahnya. Gubernur Texas pun melahirkan deklarasi darurat bencana usai moralitas bocah itu.

Dilansir AFP , Selasa (29/9/2020), bocah tersebut meninggal negeri pada 8 September setelah infeksi yang disebabkan oleh amuba Naegleria fowleri, sejenis organisme mikroskopis dengan berkembang biak di air kolam atau sungai yang hangat serta segar. Amuba ini juga hidup di kolam renang yang tak terawat dengan baik, demikian keterangan media AS.

Amuba itu memasuki tubuh manusia melalui salut hidung dan menembus ke akal. Kemudian penderitanya akan mengalami isyarat migrain yang hebat, hipertermia, leher kaku dan muntah, kemudian nanar, kelelahan ekstrim, kebingungan dan visi.

Pengujian mengungkap alur amuba di keran selang taman di rumah bocah itu, introduksi juru bicara kota Lake Jackson, dikutip oleh media lokal.

Pejabat kota setempat, Modesto Mundo mengatakan, jejak amuba pemakan otak tersebut juga ditemukan di air mancur di pusat praja dan di hidran kebakaran di kota yang hanya berjarak kepala jam dari kota besar Houston.

Kakek-nenek dari Josiah McIntyre, anak yang meninggal tersebut, mengatakan kepada media lokal, Houston Chronicle bahwa dia mungkin terpapar air yang terkontaminasi saat dia bermain di taman air di pusat kota, tak lama sebelum dia jatuh sakit.