Bus Penumpang Terjun ke Danau di China, 21 Orang Tewas

Beijing

Sebuah bus penumpang melanggar pembatas jalan dan terjun ke dalam danau di Provinsi Guizhou, China. Nahas, sedikitnya 21 karakter tewas dalam kecelakaan ini.

Seperti dilansir AFP , Selasa (7/7/2020), bus yang mengalami kecelakaan ini dilaporkan juga membawa para siswa yang hendak mengikuti ujian masuk universitas, yang digelar pekan ini setelah sempat tertunda akibat pandemi virus Corona (COVID-19).

Informasi otoritas setempat dan media nasional China menyebut bus ini melanda pembatas dan terjun ke di Danau Hongshan yang ada di kota Anshun, Provinsi Guizhou, China bagian barat daya pada Selasa (7/7) siang waktu setempat.

Departemen Penanggulangan Situasi Darurat menyuarakan bahwa 21 orang tewas & 15 orang lainnya luka-luka di dalam insiden ini. Seluruh korban luka kini tengah menjalani perawatan pada rumah sakit setempat.

Para saksi mata menuturkan bahwa terdapat para siswa yang berangkat menuju lokasi ujian masuk universitas atau gaokao, di dalam bus tersebut. Namun jumlah siswa dalam dalam bus itu tidak diketahui pasti. Jumlah total penumpang dalam dalam bus tersebut juga belum diketahui.

Penyebab bus ini menabrak pembatas jalan & terjun ke danau masih belum diketahui secara jelas.

Namun rekaman kamera keamanan dengan dibagikan ke media sosial oleh televisi nasional, CCTV , menunjukkan bahwa bus tiba-tiba berbelok dan memotong sebanyak lima lajur jalanan, bahkan sempat menerobos lalu lintas yang berlawanan ajaran. Bus kemudian menghantam pembatas dengan ada di sisi jalanan yang berseberangan.

Otoritas setempat berjanji akan menyelidiki insiden menyayat hati ini secara menyeluruh untuk memeriksa tahu penyebabnya.

(nvc/ita)