Ganjil-Genap Jalan Medan Merdeka Barat Jakpus, Pelat RFW Diputarbalik

Jakarta

Penerapan ganjil-genap di masa PPKM level 4 mulai berlaku hari ini. Kendaraan berpelat ‘RFW’ juga diputar balik karena memiliki pelat dengan nomor ganjil.

Pantauan detikcom, pukul 10.00 WIB, Kamis (12/8/2021), kendaraan berpelat ‘RFW’ tersebut hendak melintas ke arah Jalan MH Thamrin. Terlihat oleh anggota berpelat ganjil, mobil tersebut langsung dialihkan ke jalan lain.

Sementara memang polisi tidak pilih-pilih untuk memutar balikkan kendaraan yang tidak sesuai dengan tanggal. Penerepan ganjil genap (gage) ini berlaku untuk semua kalangan kendaraan.

“Kami mengikuti nomor ganjil genap, apa bila ganjil sementara dibelokkan. Kalau gage sementara ngikutin nomor,” ujar Wakasatlantas Polres Jakarta Pusat Kompol Purwanta di lokasi.

Terlihat anggota Dinas perhubungan sampai Satpol PP berjaga di lokasi. Setiap ada kendaraan yang berpelat ganjil, langsung dialihkan ke jalan lain untuk tidak masuk ke Jalan MH Thamrin atau tepatnya arah Bundaran HI.

Untuk diketahui, Polda Metro Jaya meniadakan penyekatan PPKM di 100 titik. Untuk mengendalikan mobilitas warga saat PPKM level 4, dilakukan dengan sistem ganjil-genap di wilayah DKI Jakarta.

Ganjil-genap di Jakarta ini kembali diberlakukan lagi mulai hari ini, Kamis (12/8). Ada delapan titik ganjil genap di Jakarta mulai dari pukul 06.00 hingga 20.00 WIB.

“Mulai besok penyekatan di 100 titik akan kita hentikan dan kita ganti dengan 3 cara bertindak yang baru, terkait dengan pengendalian mobilitas,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (10/8).

(aud/aud)