Helikopter Jatuh di Mesir, 8 Rombongan Perdamaian Tewas

Jakarta

Helikopter yang ditumpangi pasukan multinasional ataupun Multinational Force and Observers mission (MFO) jatuh di Sinai, Mesir. Akibat kecelakaan itu 8 bagian pasukan penjaga perdamaian tewas.

Dilansir Reuters, Jumat (13/11/2020), kejadian jatuhnya helikopter itu berlaku pada Kamis, (12/11) di depan kota resor Sharm el-Sheikh, Mesir. Pasukan yang tewas terdiri enam dari Amerika Serikat, satu orang dari Prancis dan satu orang dari Ceko.

MFO mengatakan semua korban tewas ialah anggota militer. Ia menambahkan ada satu pasukan perdamaian asal Amerika Serikat yang selamat. Kini tempat mendapat perawatan medis di suatu rumah sakit di Israel. Seorang pejabat yang enggan disebut namanya mengatakan kepada kecelakaan tersebut dikarenakan oleh kerusakan mekanis.

Sementara, Kementerian Pertahanan Ceko mengonfirmasi bahwa seorang anggota tentara Ceko menjadi salah satu korban tewas pada kecelakaan helikopter itu. Dalam pemberitahuan disebut penyebab kecelakaan karena kealpaan teknis.

Kemudian, penjabat Menteri Pertahanan AS Christopher Miller membenarkan ada 6 enam orang Amerika tewas dalam kejadian tersebut. Ia mengatakan pihaknya berduka fikrah atas kejadian itu.

MFO dibentuk untuk memantau demiliterisasi Sinai di bawah perjanjian perdamaian Mesir-Israel 1979. Jumlah telah redup dalam beberapa tahun terakhir sebab negara-negara tetangga memperketat kerja sesuai keamanan melawan pemberontak Sinai dengan dipimpin ISIS.

(ibh/ibh)