Helikopter Militer Jatuh di Kolombia, 11 Hilang dan 6 Terluka

Guaviare

Sebuah helikopter jatuh dalam wilayah Tenggara Kolombia saat sedang melakukan operasi melawan gerilyawan. Setidaknya 11 orang dinyatakan hilang serta 6 lainnya terluka.

Seperti dilansir AFP, Rabu (22/7/2020), sebuah helikopter blackhawk membawa 17 personel militer saat mengalami kecelakaan. Belum jelas apakah helikopter tersebut jatuh ditembak atau mengalami kesialan.

Pihak berwenang menjumpai helikopter di bentangan sungai Inirida di negara bagian Guaviare. Daerah tersebut diketahui sebagai tempat pada mana para gerilyawan pemberontak sedang aktif melancarkan aksinya.

Bagian militer mengatakan helikopter itu tengah mengambil bagian dalam operasi melayani para gerilyawan pembangkang di provinsi perkebunan narkoba. Upaya penyelidikan serupa masih dilakukan terkait peristiwa itu.

“Dimulailah penyelidikan terkait untuk menentukan keadaan soal masa, cara, dan tempat terjadinya perihal itu, ” ucap Divisi Tentara Udara Kolombia.

Bersandarkan informasi hingga kini masih ada lebih dari 2. 000 penghalang, menurut pihak berwenang, yang menegah untuk bergabung dengan 13. 000 pemberontak lainnya yang telah menandatangani perjanjian damai. Mereka disebut masih terus aktif, terus menentang pemerintah dengan membiayai diri mereka sendiri melalui perdagangan narkoba hingga penambangan ilegal.

(maa/maa)