Johns Hopkins: AS Lewati 6 juta Kasus Covid-19

Jakarta

Kasus COVID-19 di Amerika Serikat melewati angka 6 juta, pada Senin. Menurut data Universitas Johns Hopkins, ada satu juta infeksi baru dalam waktu kurang dari sebulan.

Dilansir dari AFP, Senin (31/8/2020), tercatat negara ini tetap menjadi yang paling terdampak di dunia oleh pandemi, dengan kasus yang hampir seperempat jumlah total di dunia dan 183.203 kematian akibat COVID-19, kata peneliti universitas yang berbasis di Baltimore.

Jumlah kasus harian baru telah menurun dalam beberapa pekan terakhir, tetapi virus itu jauh dari menghilang di AS – meskipun Presiden Donald Trump berulang kali menegaskan bahwa itu akan terjadi – dan rata-rata nasional menyembunyikan perbedaan regional yang besar.

Trump, yang pencalonannya kembali dilanda dampak ekonomi dari pembatasan penguncian, telah menjanjikan kemenangan penuh atas pandemi, dan vaksin yang sudah tersedia pada akhir tahun.

AS memetakan kasus kelima juta pada 9 Agustus. Itu hanya 17 hari setelah mencapai empat juta.

Infeksi virus korona di dunia telah melonjak melewati angka 25 juta, karena negara-negara memperketat pembatasan untuk menghentikan krisis kesehatan yang telah menjungkirbalikkan kehidupan sebagian besar umat manusia.

(eva/eva)