Kering Jabatan Menteri Selandia Baru Usai Kisah Selingkuh Mengemuka

Wellington

Seorang menteri di kabinet pemerintah Selandia Baru kehilangan jabatannya sebab kasus perselingkuhan. Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern memecatnya Rabu (22/7/2020) waktu setempat ketika kejadian ini mengemuka.

Sejarah perselingkuhan ini mengemuka di sedang meningkatnya pengawasan terhadap perilaku bagian parlemen menjelang pemilihan umum dalam bulan September mendatang.

Seperti dilansir AFP , Rabu (22/7/2020), Ardern memecat Menteri Imigrasi Iain Lees-Galloway setelah mengetahui bahwa dia berselingkuh secara seorang mantan kolega yang berlaku di sebuah organisasi pemerintah. Pengkhianatan ini terbongkar setelah selingkuhannya itu melapor kepada Ardern.

Ardern mengatakan peran Lees-Galloway sebagai menteri yang mengawasi perilaku ketenagakerjaan, membina posisinya itu tidak bisa dipertahankan.

“Menteri ini telah menunjukkan kurangnya penilaian selama 12 bulan – dalam melakukan hubungan ini, ia telah membuka diri terhadap tuduhan menyalahgunakan jabatannya, ” katanya kepada wartawan.

Ardern mengatakan dia tidak menjatuhkan penilaian moral atas Lees-Galloway. Tetapi, Ardern mengaku dirinya kecewa.

“Dia tidak mencontoh lagak yang saya harapkan sebagai seorang menteri yang bertugas menetapkan penopang dan budaya di tempat kerja, ” ujarnya.