Ketua Tenangkan HRS: Ini Tidak Sidang Pemerintah, Tak Tersedia Foto Presiden

Jakarta – Terdakwa kasus kerumunan pada Petamburan, Habib Rizieq Shihab berontak karena dipaksa siap di persidangannya secara virtual. Majelis hakim pun menenangkan Habib Rizieq.

Mulanya, Habib Rizieq menolak dihadirkan dalam persidangannya. Dengan aksen tinggi, dia menyebut haknya sebagai terdakwa dirampas sebab tidak dihadirkan dalam bagian sidang di PN Jakarta Timur.

Hakim Ketua Suparman Nyompa lalu menenangkan Habib Rizieq. Suparman meminta Habib Rizieq untuk tenang.

“Duduk dulu Habib, saya jelaskan. Duduk dulu ya, silakan duduk dulu. Silakan diam, tenang dulu Habib, ” kata Suparman dalam siaran sidang yang ditayangkan PN Jaktim, Jumat (19/3/2021)..

“Ini hak asasi saya yang dijamin undang-undang, ” ujar Habib Rizieq sambil berdiri.

“Ya betul habib, asli, makanya kita adili, dengarkan dulu saya jelaskan ya, ” timpal Suparman.

Jaksa kemudian memutus meminta hakim melanjutkan persidangan karena Habib Rizieq tetap mengganggu persidangan. Sementara, Kekasih Rizieq masih terus berontak dan menyebut haknya dirampas.

“Undang-Undang menjamin dan melindungi saya untuk dihadirkan di dalam ruang sidang. Saya minta menuntut Undang-Undang itu diterapkan. Tersebut pengadilan, ada di bawah kekuasaan Undang-Undang. Kok hak saya dirampas, ” kata pendahuluan Habib Rizieq.

Hakim ketua Suparman kemudian memberi penjelasan. Dia mengatakan, persidangannya merupakan persidangan negara, bukan pemerintah.

“Ini adalah persidangan buah hati persidangan negara. Persidangan negara, bukan persidangan pemerintah. Jika lihat di belakang kami itu tidak ada menjepret Presiden dan Wakil Kepala. Itu adalah gambar Rumor Garuda, menandakan ini ialah sidang yang terhormat buat Habib ini, ” tutur Suparman.

Suparman pun meminta Habib Rizieq untuk mematuhi persidangan. Pokok, persidangan ini merupakan kesempatannya untuk memperoleh keadilan.

“Makanya Habib kami minta ini digunakan pas untuk memperoleh keadilan, buat memperoleh hak-haknya sebagai terdakwa, ini ada di sini Habib. Karena itu hamba mohon kepada Habib, tolong patuhi semua perintah dalam persidangan ini, ” kata Suparman.

Suparman kembali meminta Habib Rizieq untuk mematuhi perintah persidangan. Dia mengatakan, jika Buah hati Rizieq tidak mematuhi persidangan maka akan dipaksa untuk hadir.

“Kalau habib tidak mematuhi instruksi di persidangan, maka Habib akan mendapatkan seperti ini. Karena ini adalah metode hukum negara, proses kaidah negara yang harus dipatuhi Habib, jadi saya menimbulkan pengertian habib, supaya sanggup diperlakukan dengan baik, dengan adil. Ikuti perintah persidangan ini, ” ungkapnya. (mae/fjp)