Keunggulan Biden Atas Trump Sedikit Bangkit di Georgia

Georgia

Dominasi negara bagian Georgia kembali memodernkan perolehan data kedua capres Amerika Serikat (AS). Data terbaru membuktikan capres Partai Demokrat, Joe Biden, masih unggul atas Presiden Donald Trump dengan selisih yang kecil bertambah, yakni mencapai 7. 200 suara.

Seperti dilansir Fox News dan Associated Press , Sabtu (7/11/2020), secara 99 persen suara masuk per Sabtu (7/11) pagi waktu AS, Biden sejauh ini memperoleh 2. 461. 455 suara (49, 53 persen) sedangkan Trump memperoleh dua. 454. 207 suara (49, 31 persen).

Selisih keduanya mencapai 7. 248 suara atau sekitar 0, 14 persen. Besaran selisih itu sedikit bertambah kalau dibandingkan selisih suara pada Jumat (6/11) malam waktu AS, yang mencapai 4. 224 suara atau 0, 08 persen.

Sekretaris Negara Bagian Georgia, Brad Raffensperger, sebelumnya mengumumkan penghitungan ulang mungkin dilakukan karena selisih suara kedua capres sangat tipis. Aturan asas negara bagian Georgia menetapkan estimasi ulang bisa dilakukan jika kelainan suara akhir dari kedua capres kurang dari 0, 5 tip.

Perolehan suara antara kedua capres sangat ketat pada beberapa hari terakhir. Trump yang awalnya unggul di Georgia, jadi disusul oleh Biden. Bertambahnya selisih suara kedua capres terjadi setelah Fulton County — salah mulia distrik yang masih melakukan estimasi — melaporkan suara tambahan.

Hingga kini, menurut laporan CNN , proses penghitungan masih berlanjut di kira-kira distrik, terutama Fulton County dan Gwinnett County. Dilaporkan bahwa puluhan ribu surat suara masih belum dihitung di Georgia, yang terdiri atas 12. 770 provisional ballots serta 8. 400 surat suara tentara dan luar negeri, yang kemungkinan telah diterima via pos oleh badan pemilu Georgia pada Jumat (6/11) sore waktu setempat.

Provisional ballots merupakan surat suara dengan bisa diminta pemilih jika menemui kebingungan soal pendaftaran dan memerlukan verifikasi lebih lanjut. Sementara surat suara militer dan luar negeri ( military and overseas ballots ) merupakan perkataan yang diberikan personel militer & pejabat AS yang bertugas dalam luar negeri.

Status sementara menunjukkan Biden unggul dengan perolehan 264 electoral votes atas Trump yang baru meraih 214 electoral votes. Dibutuhkan 270 electoral votes — dari total 538 electoral votes — untuk mampu memenangkan pilpres AS. Georgia diketahui memiliki 16 electoral votes.

(nvc/rdp)