Khali Corona Selama 78 Hari, Kejadian Baru Akhirnya Muncul Lagi pada Fiji

Suva

Otoritas Fiji melaporkan satu kasus baru virus Corona (COVID-19) setelah selama 78 hari berturut-turut tidak melaporkan kasus Corona sama sekali. Satu kasus baru ini muncul dari seorang pria yang baru kembali lantaran India.

Seperti dilansir AFP , Senin (6/7/2020), Perdana Menteri (PM) Fiji, Frank Bainimarama, mengonfirmasi bahwa seorang warga Fiji berusia 66 tahun dinyatakan positif Corona usai dipulangkan dari India beberapa waktu belakang.

“Kami telah mengonfirmasi sebuah kasus perbatasan COVID-19 dalam antara warga negara yang mutakhir pulang saat dia ditempatkan dengan aman dalam karantina yang didanai pemerintah, ” ucap PM Bainimarama.

Diketahui bahwa seluruh kedatangan ke Fiji wajib menjalani karantina selama 14 hari.

Pria yang tidak disebut namanya itu merupakan kasus ke-19 pada Fiji, yang merupakan negara kepulauan kecil di Pasifik Selatan. Secara kemunculan satu kasus baru ini maka rekor bebas Corona semasa 78 hari berturut-turut, atau besar bulan lebih, di Fiji sudah dipatahkan.

Otoritas setempat memperkirakan akan ada kemunculan kejadian baru lainnya dalam beberapa hari ke depan.

Secara terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Gajah Kesehatan Fiji, James Fong, menyatakan bahwa Fiji memang sengaja membekukan diri untuk menetapkan negaranya ‘bebas COVID’ dan tidak terkejut masa ada kasus baru tercatat di dalam Minggu (5/7) waktu setempat.

“Sementara Fiji mungkin sunyi dari penularan COVID-19 di di dalam masyarakat, pandemi ini masih berkecamuk di luar wilayah kita. Saya tidak mengharapkan bahwa ini menjelma kasus karantina perbatasan terakhir di Fiji, ” tandasnya.

Selain melaporkan total 19 kasus Corona, sejauh ini belum tersedia kematian akibat Corona di wilayah Fiji.

(nvc/ita)