Klan Bersenjata Serang Masjid di Nigeria, 5 Orang Tewas

Jakarta

Sekelompok pria bersenjata membunuh lima jemaah dan menculik 18 orang dalam serangan di sebuah masjid di negara bagian Zamfara pada Nigeria. Polisi mengatakan serangan itu dilakukan pada waktu salat.

Dilansir AFP, Senin (23/11/2020), Sekitar 100 pencuri ternak dengan sepeda motor menembaki jemaah Muslim di desa terpencil Dutsen Gari di distrik Maru ketika sedang melaksanakan sholat Jumat. Lima karakter jemaah tewas dalam insiden itu.

“Para bandit itu membunuh lima jemaah dan menculik 18 lainnya, termasuk imam itu, ” kata juru bicara petugas negara bagian, Mohammed Shehu pada AFP.

Namun warga mengucapkan lebih dari 30 jamaah diculik. Penyerangan dilakukan ketika imam sedangkan menyampaikan khotbah salat Jumat.

“Orang-orang bersenjata itu menghajar masjid ketika imam sedang menyampaikan khotbah dan membawa lebih dari 30 orang, termasuk imam, sesudah menembak mati lima jemaah, ” kata seorang warga, Ibrahim Altine.

Nigeria Barat Bahar kenal sebagai sarang geng kriminal yang menyerang desa, mencuri peliharaan, penculikan untuk tebusan dan memanas-manasi rumah setelah menjarah persediaan sasaran. Geng-geng tersebut berada kamp-kamp di hutan Rugu yang menguasai negeri bagian Katsina, Zamfara, Kaduna serta Niger dari mana mereka melancarkan serangan.

Bahkan, penghimpunan pasukan dan pembicaraan damai dengan otoritas lokal pun gagal mengakhiri serangan. Berbeda jihadis Boko Haram, geng kriminal ini tidak mempunyai kecenderungan ideologis. Namun, ada kewaswasan yang berkembang jika para jihadis secara bertahap juga menyusup ke geng tersebut.

(ibh/ibh)