KNKT Masih Investigasi Sebab Helikopter Kemenhub Terguling di Curug Tangerang

Jakarta

Helikopter milik Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan (BBKFP) Kementerian Perhubungan terguling di Bandara Budiarti, Curug, Tangerang. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih melakukan investigasi penyebab kecelakaan itu.

“KNKT sudah turun investigasi kemarin. Tentang temuan-teman atau hasilnya untuk saat ini tentunya belum bisa kami sampaikan karena masih dalam proses investigasi,” kata Kepala Subbagian Data, Informasi dan Humas KNKT Anggo Anugroho, kepada wartawan, Selasa (14/9/2021).

Anggo menyebut pihaknya akan merilis laporan hasil investigasi satu bulan pasca kejadian.

“Sesuai peraturan yang ada. Sebulan setelah kejadian, KNKT akan merilis laporan awal. Coba nanti akan kami informasikan lebih lanjut,” ucap Anggo.

Sebelumnya, helikopter itu mengalami gagal terbang. Heli jenis Bell 429 PK-CAW itu terguling saat mencoba mendarat.

Peristiwa itu terjadi di Bandara Budiarto, Curug, Kabupaten Tangerang sekitar pukul 10.25 WIB, Senin (13/9). Dua orang kru heli selamat dan hanya mengalami luka ringan akibat kejadian itu.

“Jadi dia mau terbang, kemudian kena angin sehingga gagal terbang, langsung kebalik,” jelas Iman.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati menyebutkan helikopter tipe Bell 429 PK-CAW terguling di ujung Landasan Bandara Nudiarto, Curug, Tangerang. Heli tersebut mengalami kecelakaan saat melakukan latihan rutin.

“Heli saat itu sedang melakukan kegiatan pelatihan rutin. Tidak ada korban dalam peristiwa ini. Kru penerbangan yang terdiri dari pilot, kopilot dan teknisi dalam kondisi selamat dan saat ini sedang menjalani pemeriksaan kesehatan,” kata Adita dalam keterangan pers.

Lihat juga video ‘Penjelasan Kemenhub soal Tergulingnya Heli di Bandara Budiarto Curug’:

[Gambas:Video 20detik]

(idn/idn)