Malaysia Deportasi 420 Imigran Ilegal Termasuk 409 WNI di Sabah

Kuala Lumpur berantakan

Otoritas Malaysia mengusir 420 imigran ilegal di provinsi Sabah pada 30 Juni tersebut. Sebagian besar imigran ilegal tersebut berasal dari Indonesia atau adalah warga negara Indonesia (WNI).

Seperti dilansir media lokal Malaysia, The Star , Selasa (30/6/2020), sebanyak 420 imigran ilegal yang dideportasi tersebut terdiri atas 409 imigran gelap asal Indonesia dan 11 imigran ilegal asal Pakistan, China dan Sri Lanka. Mereka dideportasi ke negara asal masing-masing pada Selasa (30/6) waktu setempat.

Untuk imigran ilegal asal Indonesia dideportasi ke Nunukan melalui sabuk laut dari dermaga Tawau.

Direktur Dewan Keamanan Nasional buat Sabah, Sitti Saleha Habib, menyuarakan 11 imigran ilegal lainnya dideportasi via jalur udara. Dengan bunga ini, sebut Sitti, total sudah 4. 355 imigran ilegal dengan dideportasi dari Malaysia sepanjang tarikh ini.

“Sebelum dideportasi, orang-orang ini menjalani tes untuk COVID-19, dan mereka yang selamat virus diperbolehkan pergi, ” kata Sitti.

Sitti menguatkan bahwa selama penahanan hingga deportasi, para imigran ilegal ini bertekuk lutut pada Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ketat di tengah kekhawatiran pandemi Corona.

Bagian Imigrasi Sabah dan badan keamanan lainnya juga terlibat dalam proses deportasi. Sitti berterima kasih pada pemerintah negara asal para imigran ilegal ini atas kerja setara dalam upaya deportasi.

“Mari kita lindungi negara itu dari imigran ilegal. Jangan mengendapkan atau mempekerjakan imigran ilegal, ” ucap Sitti mengimbau publik Malaysia.

(nvc/rdp)
slot online