Pelajar Ikut Tarung Bebas di Makassar Ngaku Tergiur Hadiah Menang

Makassar

Polisi menangkap 8 orang pelajar yang mengikuti tarung bebas di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Mereka yang ikut tarung bebas ini mengaku tergiur hadiah yang ditawarkan jika menang.

“Kalau petarung ini ikut karena suka,” kata Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol AKBP Jamal Faturrahman saat dimintai konfirmasi wartawan, Kamis (5/8/2021).

Diketahui, hadiah dari tarung bebas ini diberikan oleh sponsor yang saat ini masih dalam pengejaran polisi. Penyelenggara juga menawarkan pembagian hasil dari tiket penonton yang dihargai Rp 10 ribu, sehingga total yang ditawarkan bagi pemenang sebesar Rp 1,5 juta.

“Selain suka, yah hadiah juga yang menarik mereka,” ujar dia.

Para calon petarung terlebih dahulu mendaftar lewat akun media sosial untuk bisa hadir dalam acara ini. Sayangnya akun Makassar Underground fight @makassarstreet_fight tidak lagi aktif setelah video tarung bebas mereka beredar di masyarakat.

“Jadi mereka mendaftar di salah satu akun sosmed. Mereka (petarung/penonton) yang mendaftar, bukan undangan (ikut pertarungan),” terangnya.

Jamal belum bisa memastikan soal inspirasi penyelenggara melakukan tarung bebas jalanan ini, apakah dari menonton olahraga ultimate fighting championship atai dari film-film yang bertemakan tarung bebas seperti The Warrior (2011) dengan bintang utama Tom Hardy atau Fight Club (1999) yang dibintangi aktor Brad Pitt.

Menurut Jamal, petarung dijerat dengan Pasal 184 KUHP tentang Perkelahian Tanding. Sementara penonton dijerat Pasal 56 KUHP.

“Untuk ancaman hukuman kurang-lebih 1 tahun penjara,” kata dia.

(tfq/nvl)