Pemkot Tangerang Ajak Masyarakat Sisihkan Rezeki Bantu Kaum Duafa

Jakarta

Pemerintah Kota Tangerang bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tangerang merealisasikan program ‘Kita Jaga Kyai’ untuk mendukung anak yatim duafa dan ulama di Kota Tangerang. Hal itu dilakukan dengan mengajak masyarakat untuk melakukan kewajiban-kewajibannya dalam menyisihkan rezeki untuk berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan.

“Dari rezeki yang kita terima ada hak-hak orang lain yang perlu kita berikan, hal ini terus digali oleh Baznas Kota Tangerang sehingga dapat merealisasikan program santunan anak yatim duafa saat ini,” ujar Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/8/2021).

Hal ini dia ungkapkan usai kegiatan santunan anak yatim duafa serta penyerahan paket imun dan sembako kepada para kiai di Kota Tangerang yang diselenggarakan secara daring dan luring di Gedung MUI Kota Tangerang, Jumat (20/8) kemarin.

Sachrudin menuturkan kegiatan ini juga sekaligus menjalankan program ‘Kita Jaga Kyai dengan memberikan secara simbolis berupa paket imun dan Paket Sembako kepada para Kiai yang tersebar di 104 Kelurahan di Kota Tangerang.

“Hal ini sebagai bentuk penghargaan kepada para Kiai yang terus memberikan edukasi kepada masyarakat dalam berkehidupan di dunia maupun bekal di akhirat,” jelasnya.

“Untuk yatim duafa berjumlah 2020 orang dengan nilai tunai 250 ribu rupiah, untuk para Kiai bernilai 500 ribu rupiah yang berupa paket imun dan sembako dengan jumlah 650 penerima manfaat,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Tangerang Aslie Elhusyaery serta Ketua Umum MUI Kota Tangerang KH. A. Baijuri berpesan agar semangat kebersamaan dan gotong royong dalam menghadapi COVID-19 bisa terus dipertahankan.

“Salah satu upaya yang dilakukan melalui dana umat yang dikelola oleh Baznas Kota Tangerang, karena para ulama memiliki peran penting dalam syiar agama bagi masyarakat,” jelasnya.

Diketahui, Baznas Kota Tangerang mengalokasikan dana sebesar Rp 1,5 miliar untuk pelaksanaan program Kita Jaga Kyai dan Kita Jaga Yatim. Adapun dukungan fasilitas dalam program Kita Jaga Kyai antara lain paket imun (multivitamin, madu dan herbal), paket hygine kit (masker, hand sanitizer dan wastafel sehat untuk pesantren), layanan medical check up, dukungan isoman serta dukungan pelaksanaan vaksin bagi kalangan ulama dan pesantren.

(ncm/ega)