Pompeo Tak Akui Era Trump Tamat Picu Kemarahan Diplomat

Washington DC

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo masih belum mengakui tamatnya pemerintahan Presiden Donald Trump. Sikap Pompeo ini memicu kemarahan para diplomat.

Bahkan, Pompeo pada hari Selasa (10/11) menjanjikan dunia terkait “transisi yang mulus” setelah pilpres. Pihaknya tetap menolak kemenangan Presiden terpilih Joe Biden, dia mengatakan Donald Trump akan tetap berkuasa.

“Akan ada transisi mulus ke pemerintahan Trump kedua, ” kata Pompeo dalam konferensi pers, seperti dilansir AFP , Rabu (11/11/2020).

“Dunia harus yakin bahwa transisi dengan diperlukan untuk memastikan bahwa Bagian Luar Negeri berfungsi hari ini… dengan presiden yang menjabat pada 20 Januari satu menit sesudah pelantikan akan berhasil, ” katanya, mengacu pada tanggal pelantikan presiden.

Para pemimpin dunia yang hampir semua sekutu GANDAR telah memberi selamat kepada Biden. Tetapi Trump telah menolak buat mengakui hasil Pilpres 3 November dan menuduh adanya kecurangan besar-besaran, hingga menyerukan penghitungan ulang dan tindakan hukum.

Ditanya apakah Amerika Serikat masih mampu mengeluarkan pernyataan yang menyerukan penetapan bebas di seluruh dunia, Pompeo mengatakan pertanyaan itu “konyol. ”

“Departemen ini benar peduli untuk memastikan bahwa pemilu di seluruh dunia aman & terjamin serta bebas dan seimbang, dan pejabat saya mempertaruhkan mengambil mereka untuk memastikan itu terjadi, ” ujar Pompeo.

Bagaimana tanggapan para diplomat? Silakan klik halaman selanjutnya.