Problematis, 2 Perwira di Aceh Dimutasi ke Mabes Polri untuk Diperiksa

Jakarta kacau

Dirreskrimsus Polda Aceh, Kombes Margiyanta dan Kapolres Aceh Tenggara, AKBP Eko Sulistyo dimutasi ke Mabes Polri. Keduanya dimutasi sebagai Perwira Menengah Penyajian Markas Polri (Pamen Yanma Polri).

Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono angkat bicara perkara mutasi tersebut. Menurutnya, keduanya dimutasi karena ada masalah.

“Ya, karena ada masalah, makanya dimutasi, ” ujar Argo pada detikcom , Selasa (1/6/2021).

Meski demikian, Argo mengaku belum mengetahui secara detail masalah yang menjerat keduanya. Argo terlebih awal akan mencari informasi ke Propam Polri.

“Besok ditanyakan dulu ke Propam, ya, ” ucapnya.

Rotasi Besar-besaran

Rotasi perwira tinggi dan perwira menengah itu tertuang dalam surat telegram nomor ST/1129/IV/KEP/2021. Telegram ini atas pesetujuan Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo melalui Asisten Sumber Gaya Manusia.

Tercatat, ada 348 pejabat dengan dirotasi. Koorsahli Kapolri sebelumnya dijabat oleh Irjen Martuani Sormin. Irjen Martuani Sormin dimutasikan sebagai pati Sahli Kapolri dalam rangka purna bakti.

Koorsahli Kapolri kini dijabat oleh Irjen Teguh Sarwono, yang sebelumnya menjadi Kapolda Bengkulu. Kedudukan yang ditinggalkan Irjen Teguh kini diisi oleh Brigjen Guntur Setyanto.

Brigjen Mulyanto, yang sebelumnya menjabat Kasespimmen Sespim Lemdiklat Polri, digeser menjadi Widyaswara Kepolisian Utama. Posisi dengan ditinggalkan Brigjen Mulyanto saat ini dijabat oleh Brigjen Nasri.

Brigjen Asby Mahyuza, yang sebelumnya menjabat Wakapolda NTB, diangkat di dalam jabatan baru sebagai Karotekkom Divisi TIK Polri. Status yang ditinggalkan oleh Brigjen Asby dijabat oleh Brigjen Ruslan Aspan.

Brigjen Ruslan sebelumnya menjabat Karojianbang Lemdiklat Polri. Lembaga tersebut kini diisi sebab Brigjen Juansih.

(man/isa)