Puisi lama Sandiaga Uno Ajak Majukan Usaha Toko Kelontong

Jakarta

Departemen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf) beroperasi sama dengan Sampoerna Retail Community (SRC) dalam rancangan membantu Usaha Mikro Mungil Menengah (UMKM) toko kelontong.

Menteri Wisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno memperhitungkan UMKM Toko Kelontong mampu membuat ekonomi Indonesia melaju. Ia pun membuat puisi lama saat menghadiri langsung Perjamuan HUT SRC ke-13.

“Rambut yang udah panjang namanya gondrong, tercampak rapih sebaiknya dipotong sesekali. Mari dukung pengembangan toko kelontong, majukan usaha kelompok agar ekonomi melesat balik, ” ungkap Sandiaga Uno, Sabtu (29/05/2021).

Lebih lanjut, Sandiaga Uno mengungkapkan toko kelontong telah menjadi garda terdepan untuk menyiapkan kebutuhan-kebutuhan asosiasi Indonesia. Toko kelontong juga termasuk bagian dari gotong royong sudah menjadi ciri khas bangsa sejak awal kala.

“Biasanya, kalau kita butuh keperluan sehari-hari kita belanja di toko yang paling terdekat dengan rumah kita, serta inilah bentuk gotong royong dari masyarakat kita, yang mana pada saat pandemi tersebut kita beli dari gardu tetangga. Kita beli selalu dari tetangga-tetangga kita & mendukung perekonomian lokal, ” terang Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno serupa mengungkapkan kehadiran toko kelontong ini sangatlah strategis di tengah-tengah pandemi dan lambatnya ekonomi. Dengan COVID-19 yang membuat semuanya serba online, Sandiaga berharap toko kelontong dapat melakukan digitalisasi.

“Menariknya, COVID-19 memaksa kita untuk melakukan adaptasi dari segi digitalisasi. Pula memaksa kita menerapkan adat kesehatan yang disiplin, sehingga kita harapkan toko kelontong naik kelas. Sehingga, selain menjadi mam and pap store, mereka juga mampu beradaptasi dari segi digital untuk menangkap peluang periode depan untuk mencetak pemimpin, ” jelas Sandiaga.

Sandiaga Uno meminta kerja sama SRC secara Kemenparekraf membuat UMKM toko kelontong tingkatkan kreativitas mengikuti dimudahkan dalam pencarian pasar yang sesuai.

“Sukses untuk kerja persis nya. Kami dari Kemenparekraf berharap produk-produk ekonomi kaya, talenta-talenta terbaik putra-putra UMKM kita bisa juga diberikan akses untuk pasar, akses untuk peningkatan keterampilan dengan pelatihan dan juga & juga akses untuk permodalan pada saatnya nanti, ” pungkas Sandiaga.

(prf/ega)