Salah Menambahkan Angka Nol, Suara Biden di Michigan Sempat Melonjak

Michigan

Beredar laporan yang membuktikan suara capres Demokrat, Joe Biden di Michigan melonjak lebih 138 ribu. Ternyata, lonjakan suara itu akibat salah ketik.

Dilansir AFP , Kamis (5/11/2020) laporan yang dirilis pada Rabu (4/11) pagi waktu setempat itu, menyebar secara online ketika surat suara masih terus dihitung.

Lonjakan perkataan itu diakibatkan human error alias kesalahan manusia, ketika angka hampa secara tidak sengaja ditambahkan saat suara sedang dihitung. Kesalahan diperbaiki dengan cepat. Namun, lonjakan nilai itu diklaim warganet sebagai manipulasi pilpres.

“Jadi, ketika semua orang tertidur dan setelah seluruh orang pulang, Demokrat di Michigan secara ajaib mendapat 138. 339 suara, dan semua 138. 339 dari ‘suara’ itu secara ganjil jatuh ke tangan Biden? Itu tidak terlihat mencurigakan sama sekadar, ” tulis seorang pengguna Twitter.

Kesalahan itu langsung diperbaiki oleh pejabat negara arah setempat.

Caroline Wilson, pejabat Shiawassee County, Michigan tengah, mengatakan kepada AFP memang ada kesalahan. “Saya menambahkan nol tambahan secara tidak sengaja, sehingga melaporkan 153. 710 suara untuk Biden, bukan 15. 371, ” ujarnya.