Satgas Nemangkawi Ditembaki KKB Saat Evakuasi 11 Pekerja Jembatan di Yahukimo

Jayapura

Tim Satgas Nemangkawi diserang tembakan oleh teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) saat mengevakuasi 11 pekerja jembatan Kali Yegi ke ibu kota Kabupaten Yahukimo. Evakuasi dilakukan setelah 2 pekerja dibunuh 2 hari lalu.

“Kita sudah berhasil mengevakuasi 11 orang karyawan PT. Indo Papua dari lokasi pekerjaan pascapembunuhan dan pembakaran 2 orang karyawan pada Minggu (22/8) lalu,” ujar Kepala Penengkan Hukum Satgas Nemangkawi, Kombes Faisal Ramahdani saat diuhubungi di Jayapura, Selasa (24/8/2021).

Faisal yang juga Direktur Reserse Kriminal Polda Papua menjelaskan, selama pelaksanaan evakuasi para pekerja karyawan PT. Indo Papua dari Camp Kali Yegi terjadi baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Tendius Gwijangge, hingga menyebabkan 4 anggota Satgas terluka.

Menurutnya kekuatan Kelompok Tendius Gwijangge memiliki 6 pucuk senjata yang berasal dari rampokan milik TNI.

“Ada senjata yang mereka miliki pakai, sehingga tembakan mereka terbidik,” jelasnya.

Menyangkut masalah jumlah anggota KKB pimpinan Tendius Gwijangge yang beroperasi di kabupaten Yahukimo, menurut Faisal masih dalam observasi.

” Jumlah kekuatan mereka masih dalam observasi,” katanya.

Faisal menambahkan, situasi saat ini si kabupaten Yahukimo sudah mulai kondusif, namun Tim Satgas Nemangkawi tetap melakukan pengejaran terhadap kelompok KKB yang selalu membuat keributan di daerah tersebut.

(nvl/nvl)