Sederet Fasilitas Kampung Susun Akuarium yang Diresmikan Anies

Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pembangunan tahap pertama Kampung Susun Akuarium di Pasar Ikan, Jakut. Apa saja fasilitasnya?

Kampung Susun Akuarium yang baru diresmikan Anies ini terdiri dari 2 blok dengan 5 lantai. Ada 107 unit hunian di bangunan baru Kampung Susun itu.

Merujuk data Pemprov DKI, seperti dilihat, Rabu (18/8/2021), hunian di bangunan Kampung Susun Akuarium itu memiliki tipe 36. Ada 1 kamar tidur, 1 kamar mandi, dapur, dan ruang keluarga.

Fasilitas pendukung yang tersedia antara lain tiga lokasi usaha. Kemudian ada satu galeri yang menampilkan dokumentari peninggalan cagar budaya di kawasan Kampung Akuarium.

Anies saat peresmian Kampung Susun Akuarium sempat mengenang masa-masa di mana kawasan tersebut sempat digusur di era Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Dibutuhkan proses yang panjang hingga bisa dibangun kembali.

“Sekelompok masyarakat yang tinggal di kampung ini selama berdekade-dekade, mengalami ujian tidak ringan. Tapi warga disini tabah melewati masa itu dengan ketahanan mental luar biasa. Tidak ringan mereka lewati, sama sekali tidak ringan dan itu jadi catatan sejarah hidup mereka bahwa pada periode 5 tahun di mana mereka menjalani ujian sangat besar,” ujar Anies.

Kampung Susun Akuarium ini di lahan seluas 10.575 m2. Total akan ada lima bangunan rumah susun yang akan dibangun hingga 2022 mendatang.

Anies menilai dibangun kembali hunian warga di Kampung Akuarium, jadi bukti permasalahan di Jakarta bisa diselesaikan dengan duduk bersama warga.

“Hari ini mudah-mudahan jadi babak baru bagi kita semua Pemprov DKI Jakarta bahwa menyelesaikan permasalahan masyarakat, apalagi terkait permukiman bisa dilakukan dengan bicara bersama dengan semangat kesetaraan,” tegasnya.

“Pemerintah miliki sumber daya tapi masyarakat yang miliki pengalaman, masyarakat yang memahami kebutuhan, masyarakat yang mengerti kompleksitas yang di dalam komunitasnya. Duduk bersama merancang,” lanjut Anies.

(idn/imk)