Trump vs Pakar soal Vaksin Corona Siap Oktober

Washington DC

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengklaim bahwa vaksin untuk virus Corona (COVID-19) bisa jadi bulan Oktober 2020. Klaim Trump ini bertentangan dengan pernyataan ahli kesehatan negara itu.

Seperti dilansir Reuters dan The Telegraph , Rabu (16/9/2020), klaim itu disampaikan Trump era berbicara dalam sesi tanya-jawab dengan pemilih di Pennsylvania dalam pembahasan townhall yang digelar ABC News.

Dalam diskusi itu, Trump membela cara penanganan pemerintahannya terhadap pandemi Corona. Dia meminta bahwa sebuah vaksin Corona mau siap didistribusikan segera.

“Kita sangat dekat untuk mendapatkan sebuah vaksin, ” ucap Trump, minus menyebut vaksin buatan siapa yang dimaksudnya.

“Jika Kamu ingin mengetahui kebenarannya, pemerintahan sebelumnya mungkin membutuhkan waktu bertahun-tahun karena FDA (Otoritas Makanan dan Obat-obatan AS-red) dan semua persetujuannya. & kita dalam beberapa minggu buat mendapatkannya (vaksin-red), Anda tahu, kira-kira bisa jadi tiga minggu, 4 minggu, ” klaimnya.

Beberapa jam sebelumnya, saat diwawancara Fox News pada Selasa (15/9) pagi, Trump menyatakan bahwa vaksin Corona bisa siap dalam ’empat minggu, bisa delapan minggu’.

Sementara itu, para ahli termasuk dokter penyakit penularan pemerintah AS, Anthony Fauci, menyatakan kalau persetujuan untuk vaksin Corona kemungkinan besar baru diberikan menjelang simpulan tahun.