Urusan Corona Mingguan di RI Naik, Satgas Duga Gegara Euforia Vaksin

Jakarta porakporanda

Satgas COVID-19 menyampaikan update mingguan peristiwa COVID-19. Pada minggu ini disebutkan kasus positif merasai kenaikan yang cukup garang.

“Sangat disayangkan setelah mengalami penurunan dalam minggu lalu, di minggu ini penambahan kasus tentu dan kematian kembali menyusun, ” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito dalam konferensi pers melalui Youtube, Selasa (20/4/2021).

Wiku mengucapkan peningkatan kasus minggu tersebut mencapai 14. 1 upah. Padahal disebutkan kasus pada minggu lalu mengalami penurunan sebanyak 14 persen.

“Peningkatan pada kasus positif di minggu ini cukup tajam yakni 14. 1 persen, setelah sebelumnya di minggu berserakan turun sebesar kurang lebih 14 persen juga, ” kata Wiku.

Kenaikan ini dinilai sebab adanya dampak dari libur Paskah. Serta menurunnya loyalitas protokol kesehatan karena euforia vaksinasi.

“Adapun penambahan kasus positif dan kematian ini terjadi bisa karena dampak dari libur Paskah pada 4 April lalu dan menurunnya loyalitas protokol kesehatan yang mungkin terjadi karena euforia vaksinasi, ” tuturnya.

“Perkembangan ke arah dengan kurang baik ini perlu segera dimitigasi agar tidak berkelanjutan di minggu-minggu berikutnya, ” tuturnya.

Kenaikan kasus ini dikenal sebagian besar dikontribusikan sebab pulau Jawa. Kenaikan tertinggi dari Jawa Barat naik 2. 276 kasus, disusul Jawa Tengah 1. 203 kasus, Riau naik 346, DKI Jakarta naik 346 dan Nusa Tenggara Timur naik 266.

Selanjutnya untuk angka kematian dikontribusikan oleh DKI Jakarta naik 30 kematian, disusul Riau naik 21 mair, Kalimantan Tengah naik 12, Banten naik 8, & DI Yogyakarta naik 8.

(dwia/imk)