Wanita Italia Ditangkap Terkait Skandal Keuangan Vatikan

Vatican City

Seorang wanita Italia berusia 39 tahun ditangkap terkait skandal keuangan Vatikan. Wanita ini diketahui memiliki keterkaitan dengan seorang kardinal berpengaruh pada Vatikan, Angelo Becciu, yang dipecat oleh Paus Fransiskus bulan awut-awutan.

Seperti dilansir Reuters , Rabu (14/10/2020), wanita Italia bernama Cecilia Marogna ini pernah bekerja untuk Becciu, yang dituduh melakukan penggelapan dan praktik nepotisme. Becciu telah menjawab seluruh tuduhan terhadapnya.

Dituturkan seorang pejabat Kepolisian Keuangan Italia, yang enggan disebut namanya, kepada Reuters bahwa Marogna ditangkap di Milan. Laporan media-media Italia menyebut Marogna ditangkap dengan surat perintah penangkapan internasional yang diterbitkan pengadilan Vatikan.

Seorang sumber pejabat senior Vatikan menyebut kalau pengadilan Takhta Suci mencurigai Marogna melakukan tindak penggelapan dan penyalahgunaan dengan melibatkan orang lain.

Beberapa hari terakhir, media Italia mempublikasikan rangkaian wawancara dalam mana Marogna menyatakan telah menerima 500 ribu Euro (Rp 8, 6 miliar) dari Becciu untuk menjalankan ‘diplomasi paralel’ guna menolong misionaris di zona-zona konflik. Marogna membantah melakukan pelanggaran hukum.

Tugas yang dilakukan Marogna untuk Sekretariat Negara Vatikan, dalam mana Becciu menempati jabatan tertinggi kedua hingga tahun 2018, bukannya tidak diketahui sebelumnya.